What's New

Informasi Pembayaran Pajak Dividen Sendiri Mulai 1 Maret 2021
17 Mar 2022

 Kepada Yth Nasabah PT Lotus Andalan Sekuritas

Sehubungan dengan telah diberlakukannya UU No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 18/PMK.03/2021, di mana tarif pajak deviden bagi Wajib Pajak orang pribadi yang dahulu bersifat final dan dipotong oleh pemberi penghasilan, sekarang wajib disetor sendiri oleh Wajib Pajak, di mana Pemerintah memberikan 2 (dua) opsi bagi Wajib Pajak orang pribadi berkaitan dengan pajak dividen ini.

Opsi pertama adalah Wajib Pajak orang pribadi yang menerima dividen sejak bulan Maret 2021 dapat melakukan pembayaran sendiri atas pajak dividen tersebut yang besarnya 10% dari total dividen yang diterima.

Adapun langkahnya sebagai berikut :

1.       Buat kode Billing

a.       Login pada laman https://sse2.pajak.go.id/

b.      Isi formulir Surat Setoran Elektronik

-          Jenis Pajak : 41128 - PPh Final

-          Jenis Setoran : 419 - Ps 17(2c) Penghasilan Dividen untuk OP dalam Negeri

-          Masa Pajak : Bulan pada saat dividen diterima

-          Tahun Pajak : Tahun pada saat dividen diterima

-          Jumlah Setor : 10% dari jumlah dividen diterima

c.       Klik "Buat Kode Billing", isi kode keamanan lalu klik "Cetak"

2.       Pembayaran Billing melalui Bank

Opsi kedua adalah Wajib Pajak melakukan investasi atas dividen yang diterimanya selama 3tahun berturut-turur sejak dividen tersebut diterima dan berkewajiban melakukan pelaporan atas investasi tersebut dalam SPT Tahunan. Adapun bentuk investasi yang bisa dimanfaatkan diatur terperinci dalam PMK-18/PM.03/2021.

Dengan adanya 2 opsi yang diberikan Pemerintah, maka setiap Wajib Pajak orang pribadi yang menerima dividen dapat dengan bebas memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing Wajib Pajak.

Informasi lebih lanjut Bapak/Ibu dapat menghubungi konsultan pajak masing-masing atau ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat Bapak/Ibu terdaftar. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

 

Jakarta, 21 Juni 2021

Hormat kami

PT Lotus Andalan Sekuritas