Hot Topics & Opinion

Begini Sikap Terbaru The Fed

Thursday , 13 Jun 2024

Tidak ada perubahan pada kebijakan moneter The Fed yang diputuskan dalam FOMC meeting yang berakhir Rabu (12/6). Namun ada hal menarik yang kembali memberi asa kepada pasar. Bahwa peluang bagi turunnya suku bunga acuan, setidaknya satu kali tahun ini, tetap terbuka. Hal ini merujuk pada "Fed Dot Plot" yang menyurvei opini 19 petinggi bank sentral Amerika. Ada konsensus penurunan fed fund rate sebesar 25 basis poin menjadi 5,25% sebelum tutup tahun 2024.

Penurunan suku bunga yang lebih agresif terlihat pada 2025, yaitu sebanyak empat kali atau satu kali lebih banyak dari proyeksi sebelumnya. Narasi dan proyeksi terbaru dari The Fed ini lebih kondusif dibanding hasil FOMC Mei lalu. Saat itu peluang turunnya suku bunga nyaris ditutup dan bahkan berkembang wacana kenaikan sebesar 25 basis poin. Perubahan pandangan ini didasari oleh figur positif inflasi Mei yang diumumkan sehari sebelumnya.

Tidak ada inflasi sepanjang bulan Mei atau tercatat 0% month on month dibanding dengan 0,3% bulan sebelumnya. Figur ini lebih baik dari perkiraan ekonom yang meramal inflasi 0,1%. Adapun secara year on year, inflasi turun menjadi 3,3% dari 3,4% bulan sebelumnya. Juga lebih baik dari proyeksi pasar yang menerka 3,4%. Hampir semua komponen inflasi menyumbang penurunan harga kecuali energi yang tercatat lebih tinggi.