Market Rumours

Diborong SRTG, MDKA Turn Around?

Sunday , 14 Apr 2024

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) diketahui terus melakukan pembelian secara bertahap saham PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA). Pembelian telah dilakukan sejak 10 Mei 2023 hingga terakhir pada 5 April 2024. SRTG merupakan pemegang saham pengendali MDKA. Akumulasi pembelian saham MDKA pada periode tersebut sebanyak 187,61 juta saham. Dengan demikian kepemilikan saham MDKA oleh SRTG bertambah dari 4,42 miliar saham menjadi 4,6 miliar. Jumlah tersebut mewakili 19,1% dari total saham beredar MDKA.

Aksi beli SRTG sangat beralasan mengingat harga saham MDKA telah berada dilevel terendahnya dalam dua tahun terakhir. Selain itu juga karena harga komoditas emas yang menjadi produk utama tambang MDKA tengah rally ke rekor tertingginya dalam sejarah. Pada perdagangan Jumat (12/4) harga emas sempat menyentuh level USD2.429 per troy ounce sebelum ditutup lebih rendah dilevel USD2.344. Terdapat banyak faktor yang mendorong kenaikan harga emas. Diantaranya adalah meningkatnya ketidakpastian penurunan suku bunga oleh The Fed dan meluasnya eskalasi perang Israel-Palestina yang kini melibatkan Iran.

Pelaku pasar belum merespon perkembangan positif yang menguntungkan bisnis MDKA kemungkinan karena masih kecewa dengan kinerja keuangan perseroan pada 2023. Sekalipun pendapatan perseroan telah membaik pada semester kedua 2023, tingginya beban keuangan telah menekan laba perseroan. Hingga periode September 2023 perseroan masih mencatat rugi bersih. Kemudian mulai mencatat laba tipis pada akhir tahun buku 2023. Kini dengan tingginya harga komoditas emas, prospek pendapatan dan laba perseroan diprediksi lebih baik dari tahun sebelumnya.